Selasa, 14 Juni 2011

contoh pendahuluan, rumusan masalah dalam pembuatan makalah

1.1. Latar Belakang
Indonesia adalah negara kepulauan yang sebagian besar wilayahnya dikelilingi oleh perairan berupa laut yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia dan Samudera Pasifik. Pekerjaan yang mendominasi di wilayah perairan khususnya bagian pesisir adalah sebagai nelayan tradisional yang subsisten. Salah satunya rumput laut, namun masih kurang dalam hal pembudidayaan secara massal. Hal ini tidak mengherankan karena keterbatasan informasi dan teknologi membuat rumput laut bukan primadona masyarakat pesisir seperti hal-nya hasil perikanan lainnya.
Sumber daya kelautan berperan penting dalam mendukung pembangunan ekonomi daerah dan nasional untuk meningkatkan penerimaan devisa, lapangan kerja, dan pendapatan penduduk. Sumber daya kelautan tersebut mempunyai keunggulan komparatif karena tersedia dalam jumlah yang besar dan beraneka ragam serta dapat dimanfaatkan dengan biaya eksploitasi yang relatif murah sehingga mampu menciptakan kapasitas penawaran yang kompetitif. Di sisi lain, kebutuhan pasar sangat besar karena kecenderungan permintaan pasar global yang terus meningkat. Untuk memenuhi hal tersebut maka akselerasi pembangunan kelautan merupakan sebuah jawaban yang tepat.
Rumput laut telah dikenal sejak puluhan atau bahkan ratusan tahun yang lalu di Indonesia maupun di manca negara. Pada umumnya rumput laut digunakan sebagai bahan makanan dan minuman, namun seiring dengan berkembangnya IPTEK dewasa ini rumput laut dapat di kembangkan dan manfaatkan dalam berbagai macam industri misalnya tekstil, kosmetik, dan industri kefarmasian.

1.1 Rumusan Masalah
1. Berapa besar kebutuhan manusia terhadap rumput laut
2. Bagaimanakah pemasaran rumput laut
3. Seberapa besar kontribusi Indonesia dalam menyediakan rumut laut untuk memenuhi kebutuhan dunia.
1.2 Tujuan
a. Memberikan informasi dan info kepada petani pesisir tentang pentingnya rumput laut sehingga dapat di budidayakan oleh petani pesisir.
b. Memberikan info tentang Metode yang dapat digunakan dalam pembudidayaan rumput laut
c. Memberikan info bagaimana cara penjualan rumput laut dan kepada siapa rumput laut itu dijual sehingga petani rumput laut mendapatkan keuntungan lebih besar
d. Info tentang permintaan akan rumput laut terus meningkat setiap tahunya

1 komentar: